Jumat, 15 Maret 2013

PROPOSAL UKM TABTEC



proposal pembentukan
UNIT PEMBENTUKAN MAHASISWA (UKM)
STIKES DARUL AZHAR TABLE tennis club (TABTEC)









Diajukan Oleh :
Tim Persiapan Pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa
STIKESDA-TABTEC (STIKES DARUL AZHAR Table Tennis Club)



badan eksekutif mahasiswa (BEM)
sekolah tinggi ilmu kesehatan
darul azhar
batulicin
2013

I.            PENDAHULUAN
Segala puji bagi Allah SWT yang telah manciptakan alam semesta ini serta melimpahkan rahmat dan karunia-Nya bagi kita semua.
Sebagai generasi muda yang mengemban tugas untuk mengisi pembangunan disegala bidang, dalam hal ini kami juga ikut andil di dalamnya sebagai pelaku-pelaku pengembangan bidang olahraga khususnya di dalam olahraga tenis meja. Dengan demikian kami harus berperan aktif dan proaktif sebagai pewaris dan generasi pengisi pembangunan, kami harus senantiasa menjadi motivator, dinamisator, fasilitator, stabilisator dan innovator yang baik, sehingga menjadi inspirasi bagi generasi muda selanjutnya.
Pembangunan yang salah satunya dibidang olahraga merupakan suatu proses yang terus menerus dan berkelanjutan yang menghasilkan suatu yang bermanfaat atau suatu perubahan yang terpadu, proses  tersebut akan berdampak  bagi lingkungan sekitarnya seperti  peningkatan prestasi dibidang olahraga.
Pembanguna di bidang olahraga adalah seluruh proses kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di kampus STIKES DARUL AZHAR dan merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari pembangunan nasional yang mencakup seluruh aspek, pembangunan dilaksanakan secara terpadu dengan mengembangkan prestasi olahraga di kampus STIKES DARUL AZHAR.
Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan pembangunan kampus yang meliputi barbagai sektor, salah satunya di bidang olahraga. Sedangkan sarana olahraga tersebut terasa sangat kurang, khususnya sarana tenis meja STIKES DARUL AZHAR. Dan juga untuk pembiayaan lapangan tenis meja bagi mahasiswa dirasakan sangat  mahal namun segi manfaatnya dapat dirasakan bagi efektifitas kegiatan yang positif khususnya bagi generasi mahasiswa yang bisa menghasilkan suatu prestasi
Untuk di tahun 2013 ini mahasiswa STIKES DARUL AZHAR berencana untuk mengadakan serana lapangan tenis meja, demi lancar dan suksesnya kegiatan tersebut dengan ini kami mengajukan proposal dengan maksud memohon dukungan, dorongan dan bantuan  materi maupun moril.
Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya kegiatan yang nyata dan menyentuh yang dapat membangkitkan semangat serta kerjasama secara aktif, produktif dan edukatif sehingga akan mewujudkan rasa tanggung jawab dan rasa kebersamaan. Maka dengan adanya sarana olahraga tenis meja ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat berolahraga agar dapat mengembangkan jiwa sportivitas dan mewujudkan rasa tanggung jawab demi kemajuan dunia olahraga tenis meja di STIKES DARUL AZHAR.
Pengadaan barang ini diselenggarakan karena kami ingin membangkitkan semangat mahasiswa STIKES DARUL AZHAR yang telah berkurang dalam bidang olahraga dan meningkatkan tali persaudaraan antar mahasiswa STIKES DARUL AZHAR.
Selain berjuang dalam bidang olahraga yang dapat menyeimbangkan kondisi tubuh, kita juga harus menyeimbangkan dengan kebutuhan batin.
Dalam hal ini kami bermaksud  menyatukan mahasiswa STIKES DARUL AZHAR dalam bidang olah raga. Kami menyajikannya melalui kegiatan olahraga Tenis Meja antar mahasiswa STIKES DARUL AZHAR. Kami harapkan kegiatan ini dapat menambah daya saing dalam berkompetisi, sportifitas aturan, dan keakraban mahasiswa.

II.            LATAR BELAKANG
Olahraga adalah suatu kegiatan untuk menjaga kesehatan dan stamina, bila kesehatan kita terjaga maka dalam menjalani aktifitas kita akan selalu bugar, sehat, dan mudah mengingat. Selain itu, olahraga juga dapat menyegarkan pikiran setelah menjalankan aktifitas sehari-hari.
Dalam hal ini kami bermaksud  menyatukan mahasiswa STIKES DARUL AZHAR dalam bidang olah raga. Kami menyajikannya melalui kegiatan olahraga tenis meja . Kami harapkan kegiatan ini dapat menambah daya saing dalam berkompetis, sportifitas aturan, dan menjalin kekompakan. Selain itu, sarana yang sangat minim yang yang kami punya sangat berpengaruh terhadap semangat mahasiswa dalam olahraga tenis meja. Pengembangan sarana ini sangat dibutuhkan demi terciptanya insan yang mempunyai jiwa kompetisi, sportif, dan kekompakan.

III.            MAKSUD DAN TUJUAN
Ø  Maksud dari adanya Unit Kegiatan Mahasiswa ini, adalah;
1.      Membangun citra SIKES DARUL AZHAR yang juga mendukung adanya Unit Kegiatan Mahasiswa.
2.      Sebagai pelengkap dalam struktur-struktur kepengurusan kegiatan mahasiswa.
3.      Mencari bibit-bibit atlet yang mempunyai Jasmani dan Rohani yang sehat.
4.      Menambah minat dan bakat Mahasiswa untuk aktif dan tertarik kepada STIKES TABTEC
·         Tujuan dari adanya Unit Kegiatan Mahasiswa ini, adalah
1.      Meningkatkan semangat mahasiswa dalam bermain tenis meja, sportifitas, kekompakan, persahabatan, dan ajang pencarian bakat dalam bidang olahraga, serta bertujuan untuk menghilangkan kepenatan setelah aktifitas perkuliahan, bekerja dan lain-lain.
2.      Menjadikan kampus SIKES DARUL AZHAR menjadi ajang interaktif untuk kegiatan yang positif khususnya dibidang Olahraga Tenis Meja.
3.      Menyalurkan minat dan bakat mahasiswa.
4.      Menyalurkan mahasiswa yang mempunyai hobi-hobi yang positif untuk menjadi atlet
hususnya dibidang Olahraga Tenis Meja
5.      Sebagai deligasi kampus dalam Pekan Olahraga Mahasiswa (POM)

IV.            PENJELASAN MENGENAI UKM
1.      Apa itu UKM TABTEC ?
Unit Kegiatan Mahasiswa atau yangs selanjutnya disebut dengan UKM, yang khususnya UKM Table Tennis Club dan disingkat TABTEC adalah salah satu UKM. Yang nantinya ada dalam STIKES DARUL AZHAR adalah UKM yang lebih berbidang kepada kegiatan olahraga yang dapat memberikan kesehatan dan kebugaran fisik dan mental sehingga diperlukan bibit yang mempunyai semangat, mental, jiwa dan rohani yang kuat. Oleh karena itu perlulah suatu wadah yang dapat mendidik masiswa untuk menjadi mahasiswa yang mampu bersaing dan sportif dalam setiap kegiatan dan kehidupan sehari-hari terutama dilingkungan kampus.


2.      Keuntungan STIKES DARUL AZHAR mempunyai UKM TABTEC ?
Keuntungan mempunyai UKM TABTEC adalah wujud dari sempurnanya suatu kampus yang mempunyai unit-unit kegiatan yang merupakan wujud sehatnya suatu kampus. Mahasiswa yang menjadi bibit dari UKM TABTEC akan digembleng untuk menjadi mahasiswa yang mandiri, sehat jasmani dan rohani serta unggul dalam kehidupan sehari-harinya.
3.      APA SAJA KEGIATAN UKM TABTEC
1.      Latihan
2.      Menyelenggarakan pertandingan antar kelas maupun semester
3.      Mengikuti pertandingan luar kampus

V.          SASARAN KEGIATAN
Mahasiswa khususnya mahasiswa STIKES DARUL AZHAR Batulicin

VI.          NAMA
Nama yang diajukan untuk unit kegiatan mahasiswa “ Unit Kegiatan Mahasiswa STIKES DARUL AZHAR Table Tennis Club” Atau dapat disingkat dengan “STIKESDA TABTEC”

VII.          TEMPAT
Unit Kegiatan Mahasiswa STIKES DARUL AZHAR Table Tennis Club (TABTEC) bertempat di ruang BEM Kampus STIKES DARUL AZHAR.
VIII.          PERALATAN
Olahraga ini menggunakan :
·         Lapangan Tenis Meja
·         Tiang dan jarring
·         Bola
·         Bet



·          
IX.          WARNA DAN BENTUK LAMBANG
Warna Dan Bentuk Lambang UKM TABTEC adalah hak cipta dari Muhammad Hidayatullah,  









X.          GAMBARAN RENCANA PELAKSANAAN UKM
No
Hari/Tanggal
Agenda
1

pengajuan Proposal UKM
2

Pengesahan UKM TABTEC
3

Pencarian bibit baru
4

Penyusunan Anggaran belanja dan Program kerja mingguan, bulanan, dan tahunan




XI.          PENUTUP
Demikianlah proposal pengajuan Unit Kegiatan Mahasiswa ini diajukan untuk dapat ditindaklanjuti. Atas semua kesalahan bahasa kami mohon maaf dan permakluman. Dan semoga proposal ini dapat dikongkritkan dan akan menjadi sebuah awal yang baik bagi jangka panjang STIKES DARUL AZHAR. Berikutnya tak lupa kami ucapkan terimakasih dan penghargaan sebesar-besarnya atas niatan baik STIKES DARUL AZHAR untuk ikut serta membimbing dan mengembangkan pengalaman dan profesionalitas Kami, semoga Allah SWT selalu merahmati dan melindungi kita semua. Amin.
Sekretaris BEM




Muhammad Hidayatullah
Ketua BEM




Jabarahman

   Mengetahui


PUKET III
Bidang Kemahasiswaan




H Setia Budi, SKM., MM.
NIK





XII.          LAMPIRAN

TIM PERSIAPAN PEMBENTUKAN UNIT KEGIATAN
STIKES DARUL AZHAR TABLE TENNIS CLUB

Ketua Pembentukan
Muhammad Hidayatullah
1114100092
Sekretaris
M. Novan Efendi
1114110144
Anggota
Riandi Hermawan
1114100158

Muhammad Melbin
1114100094

Mahyudin Febrianor
1114100096

Rahmadi
1114100107

Hamzah
1114100087




RINCIAN ANGGARAN
PENGADAAN SARANA LAPANGAN TENIS MEJA
No
Nama Barang
Volume
Satuan
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Lapangan tenis meja standar (Power Spin)
1
Unit
4.000.000
4.000.000
2
Tiang dan jarring
1
Unit
225.000
225.000
3
Bola
2
Kotak @3biji
20.000
40.000
4
Bet
4
Buah
200.000
800.000
5
`Terpal Uk, 4x3 meter (untuk penutup)
1
Buah
160.000
160.000
6
Pembuatan Proposal (kertas dan printing)
1
Proposal
50.000
50.000
7
Stempel PUKET III
1
Buah
30.000
30.000
8
Transportasi (Pick Up)
1
Angkutan
100.000
100.000
Total Anggaran
5.405.000

Sekretaris BEM



Muhammad Hidayatullah
Ketua BEM



Jabarahman

Mengetahui
PUKET III
Bidang Kemahasiswaa



H Setia Budi, SKM., MM
NIK.